Laman

Sabtu, 20 Oktober 2012

Tugas 2 Analisa Kesalahan Program Pada VB 2010


Kali ini penulis membahas tentang kesalahan program yang ditugaskan oleh Dosen saya Nandang Hermanto. Langsung aja yaa..
Jawaban Latihan 1 Nomor 3
a.Yang menyebabkan program error pada btalamat1_click baris program alamat = “kuningan”, itu karena belum dideklarasikan dimethod tersebut. Agar tidak terjadi error maka harus dideklarasikan dulu dengan menambahkan dim alamat as string  = “kuningan” atau bisa jadi dengan menonaktifkan baris program  alamat = “kuningan” dengan memberikan tanda ( ‘ ) didepannya.
b.  Alasan mengapa saat tombol nama1 dan nama2 ketika ditekan hasilnya berbeda itu karena pada btnama1 menggunakan variable dim yang hanya bisa dibaca / dikenal ditempat variable itu dipesan. Sedangkan btnama2 itu hanya ada baris perintah txtnama.text = nama, jadi nilai variable yang diambil adalah dari module1. Kemudian untuk btalamat1 dan btalamat2 mengapa hasil yang ditampilkan sama itu karena sudah dideklarasikan pada public class frmsatu yaitu const alamat =”kuningan” jadi ketika ditekan btalamat1 atau btalamat2 hasilnya pun akan sama. Berbeda ketika const alamat = “kuningan” dihilangkan maka hasilnya juga akan berbeda karena yang dialamat2 variable yang terbaca adalah pada module1 bukan pada public class frmsatu.
c. Alasan mengapa ketika tombol umur1 ditekan berulang ulang hasilnya tetap 1 itu karena menggunakan DIM sedangkan pada tombol umur2 ketika ditekan berulang ulang hasilnya selalu bertambah 1 itu karena variable yang digunakan adalah static yang nilainya tidak akan hilang selama program berjalan. 
d. Hasil analisa untuk form 2 adalah adanya options explisit off yang berarti variable tidak harus dipesan dulu, dan semua button yang ada pada frmdua memiliki variable yang ditampung dari module1. Jadi ketika program dijalankan maka nilai yang dihasilkan adalah dari module1.

Jawaban Latihan If / Case
Analisa saya untuk if / case adalah belumadanya baris program untuk kode barang TAS, jadi harus ditambahkan dulu untuk melengkapi kekurangan tersebut.jadi programnya menjadi seperti  dibawah ini :
 
kemudian untuk kekurangan selanjutnya adalah ketika kita ingin berganti memilih kode barang yang lain,  pada textbox jmlbarang,totalharga,totalbayar tidak ikut kosong,maka harus ditambahkan kode program seperti dibawah ini :
 
jadi setelah ganti kode barang, texboxnya yang tadi pun akan kosong, yang tadinya seperti ini :
 
setelah  ditambahkan kode program seperti dibawah ini :
 
akan menjadi seperti dibbawah ini :
nah sekiranya itu yang bisa penulis sampaikan untuk kesalahn program diatas, semoga bermanfaat bagi semua,Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar